WEB BROWSER. . ADA APA SAJA SIIH ?

11 12 2009

Web browser adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan penggunan untuk menampilkan dan berinteraksi dengan text, gambar, and informasi yang ada pada halaman web pada sebuah di World Wide Web (WWW) atau local area network (LAN). Yang paling populer saat ini adalah Firefox 2.0, termasuk graphical browsers, yang berarti dapat menampilkan graphics ataupun text dengan sama baiknya. Sebagian browser modern dapat mempresentasikan multimedia, termasuk suara dan video, meskipun memerlukan beberapa plug-in untuk format tertentu. (Web01, Web02).

Masih bingung ? ya mungkin kalian tahu, Mozilla Firefox ??? Opera ??? Internet Explorer ??? Nah , itulah browser.  Sekarang, mungkin kita hanya mengetahui ketiga macam browser tersebut, padahal ada puluhan browser lainya yang ada . untuk mengetahui apa saja browser-browser yang ada, berikut ulasanya . .

INTERNET EXPLORER

Merupakan web browser paling tua. Bahkan lima tahun silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Internet Explorer 5 adalah web browser terbaik yang ada. Tak lama setelah itu, kini muncul IE 6, yang merupakan versi perbaikan dari IE 5.

Ditunjang dengan berbagai kelebihan desain interface IE 6 memang cukup baik dan cukup cepat dalam me-render halaman web. Namun, seiring majunya teknologi web yang semakin bervariasi, berbagai kelemahan IE mulai tampak terasa bagi para pengguna. IE jadi “turun kelas”. Ia hanya menjadi browser di tingkat “rata-rata”.

Kelemahan utamanya adalah pada masalah security dengan ratusan hole terlalu mudah diterobos yang menyebabkan IE lebih rentan diserang spyware. IE juga tidak kompatibel dengan fitur keamanan RSS. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.

Performanya sejauh ini belum terlalu meyakinkan, meski sudah keluar versi 8.0 nya. Mungkin keunggulannya merupakan web browser yang cocok untuk aktifitas update OS windows. Mungkin hanya itu kegunaan utamanya. Kebanyakan user jarang yang memanfaatkan web browser ini sebagai default web browsernya. Isu tentang bugs dan kelemahan browser ini sering kali terdengar.

Kelebihan:

  • Tampilan paling menarik, juga menyediakan add on walau tidak sebanyak FF
  • Terintegrasi dengan Windows Live, jadi kalau punya email di
  • hotmail, windows live, juga Windows Messenger bisa langsung mengaksesnya dengan 1 tombol
  • Mendukung teknologi Web Slices
  • Mendukung Silverlight (Flash versi Microsoft yang sedikit lebih
  • keren)

Kekurangan:

  • Banyak bug
  • Lebih lambat dibandingkan yang lainnya
  • Tidak ada add-ons
  • Gagal membuka CSS
  • Security paling lemah, mudah diserang hacker, juga gampang terkena virus

MOZILLA FIREFOX

Sistem operasi: antar-platform
Jenis: Penjelajah web
Lisensi: Mozilla EULA untuk distribusi biner
Situs web: http://www.mozilla.com/firefox/Mozilla

Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.

Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.

Ditujukan bagi user yang lebih mengedepankan kelengkapan add-ons dan fitur tambahan lain guna meningkatkan performa web browser tersebut, Firefox juga mempunyai level keamanan yang cukup tinggi. Setidaknya tersedia 5000 add-ons lebih, guna meningkatkan performa mozilla firefox, hanya dengan tambahan add-ons Fasterfox dan WOT (web of trust) browser ini sudah siap meluncur ke belantara internet (Tentunya dibawah benteng firewall). Firefox sangat cocok digunakan sebagai web browser penjelajah situs/browsing.

Kelebihan:

  • Mendukung Flash, Java servlet dan applet
  • Banyak add ons
  • Update Mudah
  • Security OK
  • Cocok utk donlot2 file besar, karna sudah ada download manager sendiri, apalagi kalo sudah pasang plugin ‘Flashgot’ dan ‘Down Them All’
  • Mudah utk mendownload file youtube

Kekurangan:

  • Kurang cepat jika dibandingkan dengan Opera
  • Berat kalo terlalu banyak plugin

OPERA

Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup teresbut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.
Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.

Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.,

Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Opera 9.0, salah satu dari tiga browser yang paling banyak digunakan di dunia. Opera kali pertama diluncurkan pada tahun 1996 sebagai shareware. Kala itu Opera 2.0 adalah satu-satunya lawan yang tangguh bagi Internet Explorer, karena bukan hanya interface-nya saja yang berbeda namun fungsi yang dimiliki browser ini sangat beragam. Ambil saja contoh fungsi tabbed browser yang saat ini digunakan oleh kebanyakan browser. Opera adalah browser pertama yang meng aplikasikan fungsi ini ke dalam browser-nya.

fungsi yang ditambahkan adalah adanya tampilan secara thumbnail dari tab yang ingin Anda buka. Caranya cukup dengan memindahkan kursor mouse ke tab yang Anda inginkan, kemudian isi dari tab tersebut akan muncul dalam bentuk thumbnail.

Pada interface dari Opera tersebut, di sisi sebelah kiri disediakan side bar yang bisa tampil saat Anda mengarahkan kursor mouse ke sisi kiri dari Opera. Saat Anda klik, side bar tersebut akan muncul dan menampilkan beberapa tombol shortcut dari bookmarks, history, widgets, notes, transfer, dan links. Fungsi tambahan yang cukup menarik dan membantu untuk Anda yang membutuhkan akses tombol-tombol tersebut secara cepat.

Opera adalah browser yang kali pertama menerapkan tabbed browsing, kali pertama yang mendukung RSS, dan sekarang adalah satu-satunya browser yang terintegrasi sebagai BitTorrent client serta memiliki fungsi tab thumbnail (meskipun IE 7 memiliki fungsi yang hampir sama). Belum lagi fungsi dan fitur lain yang disertakan sangat membantu Anda dalam melakukan browsing. Namun tetap saja, entah kenapa browser ini kurang mendapat tempat dihati para user, yang saat ini sudah sangat familiar dengan Firefox.

Opera lebih mengedepankan kecepatan dan kualitas. Dan bisa dibilang Opera merupakan web browser yang paling unggul dalam hal tampilan halaman web terlebih untuk membuka halaman web yang penuh dengan gambar dan penekanan nuansa layout, wajar saja karena Opera sudah lulus test ACID2 Browser test dengan nilai tertinggi sekaligus penyandang gelar pertama kali (meskipun rata-rata web browser sekarang sudah lulus ACID2 Browser test) soal tampilan Opera tiada duanya. Sangat cocok buat membuka situs-situs social networking.

Kelebihanya :

  • Banyak fitur yang memudahkan pemakaian, seperti ‘speed dial’
  • Mendukung Flash
  • Ringan
  • Cepat dalam pemanggilan cache
  • Ada teknologi kompresi, jadi data yg didownload lbh cepat terpanggil, cocok buat yang pakai internet quota, ngirit bandwith

Kekuranganya :

  • Belum mendukung Java servlet, dan sulit jika membuka situs yang terdapat AJAX, (contohnya jika membuka situs facebook.com, kita belum bisa mengedit untuk menghapus komentar teman di Opera dan belum bisa menggunakan aplikasi touchgraph-nya facebook, sedangkan di Mozilla bisa)
  • Tidak ada add-ons (namun skin tampilan juga dapat diganti)
  • Lambat dalam membaca script
  • Update paling susah, harus mendownload file masternya lagi

GOOGLE CHROME


Google meluncurkan sebuah web browser keren bernama Google Chrome. Namun bukan software ini yg menjadi cerita melainkan peristiwa yg terjadi pada tahun 2001 (7 tahun sebelum peluncuran final).

Ternyata pada tahun 2001, google sudah berencana membangun tool browsing sendiri. Sayangnya, tidak ada perwujudan dari tim developer itu. Malah perusahaan mengikat kontrak perjanjian dgn mozilla, perusahaan firefox. Read Google dan Firefox musuh!

Sayangnya, tahun 2001 itu tidak ada lagi demonstrasi / beta / debug browser tsb. Padahal tidak ada indikasi, keberatan dalam tubuh perusahaan google ini. Pihak manajemen tidak memberi respon negatif. Akan tetapi, mereka malah mengikat perjanjian bisnis dgn mozilla. Apakah ini tanda google tidak pede. Who know ? Tapi satu yg sy pribadi tau : total download browser google chrome ini mulai stuck di dominasi yg segmented.

Tapi akhirnya, apa yg sudah direncanakan lama itu akhirnya terwujud juga di tahun 2008. Konon, mereka meluncurkannya agar bisa merubah cara berpikir populasi internet tentang cara menggunakan sebuah browser. wah betapa mulianya. Apalagi katanya, Google chrome akan menjadi platform yg lebih baik daripada sekedar sistem operasi. ya semoga saja??? betul tidak ??

Kelebihanya:

  • Bug-nya sulit dieksploitasi
  • Paling ringan
  • Design simple dan minimalis
  • Update Mudah
  • Security paling OK, paling kuat, menjadi browser paling tahan terhadap serangan hacker

Kekuranganya :

  • Fitur kurang
  • Installnya musti online

NETSCAPE NAVIGATOR


Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.

Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

Browser Netscape dengan versi terbarunya yaitu Netscape 8.1 mempunyai kelebihan yang tak kalah bagusnya jika dibandingkan browser lainnya. Browser ini memiliki fitur perlindungan spyware dan adware built-in. Netscape 8.1 mampu menyaring file yang diunduh seseorang tanpa melibatkan campur tangan penggunanya. Di mana browser ini secara otomatis mampu mendeteksi spyware dan adware. Melalui browser ini, si pengguna yang tengah mengunduh juga bisa dapat menjalankan scan disk dan scan memory secara lengkap. Fitur keamanan lainnya termasuk melakukan blacklist situs phishing yang ter-update dan sebuah security center untuk melihat apakah pengguna perlu melakukan tindakan pada komputer mereka.

Browser ini juga menawarkan dukungan Really Simple Syndication (RSS). Dengan fitur ini, pengguna bisa segera mendapatkan headline suatu berita atu informasi tanpa perlu mengunjungi situs yang dimaksud. Pilih yang mana? tentunya tergantung selera pengguna karena masing-masing browser memiliki keunggulan.

Kelebihanya :

  • Full support extensions Firefox
  • Ada tambahan News dari Netscape.com

Kekuranganya :

  • Tidak lagi menggunakan engine IE selain Firefox

AVANT BROWSER

Avant browser memiliki fitur-fitur yang merupakan peningkatan dari apa yang dimiliki oleh Internet Explorer. Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.
Sifat avant browser adalah freeware, dibuat oleh Anderson Che, programmer yang berasal dari China, dikembangkan oleh Avant Force yang menyatukan 3 layout engine dalam 1 jendela. Versi terbaru dari avant browser adalah 11,7 build 15. Terinspirasi dari Opera, yang lebih dulu konsep interface dokumen yang banyak menyatukan layout mesin yang digunakan IE, tujuannya adalah mengikuti Ergonomis-nya. Opera pertama muncul dengan nama IEOpera, kemudian berubah karena isu merk dagang perkembangan ditambahkan penahan pop-up, server iklan, dan 1 klik yang dapat melumpuhkan keamanan, seperti ActiveX, Java, dan Script Search Engine Standar, bukan Google, tetapi seperti Yahoo!, yang selanjutnya diberi nama Avantfind. Komunitas dari Avant Browser ini telah menciptakan tools lain dan ekstensinya, termasuk file registry yang memperbolehkan menggunakan batang informasi dan peningkatan keamanan lain bagi Windows XP SP2.

Kelebihanya :

  • Simpan Profile secara online
  • Pengisian otomatis (AutoFills)

Ini sangat membantu dalam mengingat web passwords, dan mengisi passwords hanya dengan sekali klik.

  • Mem-filter Animasi Flash

Fakta yang ada yaitu lebih dari 85% iklan animasi flash pada halaman web. Animasi ini biasanya berukuran cukup besar, dan ukuran normal mencapai 90% dari ukuran halaman yang sedang kita kunjungi. Dengan Avant Browser kita dapat menghemat bandwidth yang terpakai dengan mem-block file animasi itu.

  • Built-in AD/Pop-up Blocker

Dengan mudah membuang banner iklan yang tidak diinginkan dan halaman pop-up dengan sekali klik.

  • Built-in RSS/ATOM Reader

Avant Browser juga mempunyai built-in RSS/ATOM Reader, sehingga kita dapat membaca RSS/ATOM feeds seperti membuka sebuah halaman web. Dan tentu saja kamu juga dapat menyimpan feed favorit di dalam bookmark.

  • Penambahan fungsi mouse
    Jika kita mengklik link halaman web dengan tombol tengah mouse (middle mouse button), link yang terbuka di halaman baru.
  • Multi-Window Browsing
  • Real Full Screen Mode dan Alternative Full Desktop mode

Ketika kita membuka halaman web dengan Avant Browser Full Screen Mode, semua yang kita lihat hanyalah webspace, tanpa toolbars atau menu lain. Juga sangat sederhana dengan autohidden!

  • Adanya mesin pencari di dalamnya (Built-in Search Engine)
    Pada Avant Browser terdapat mesin pencari di dalamnya. Kita dengan mudah dapat mencari sesuatu halaman web, gambar/photo, groups, direktori, berita, lirik dan software di Internet.
  • Full IE Compatibility

Avant Browser hadir dengan semua fungsi yang ada pada Internet Explorer, termasuk Cookies, ActiveX Controls, Java Script, Real player dan Macromedia Flash. IE bookmarks otomatis di-import ke dalam Avant Browser.

  • Atur data pribadi (Records Cleaner)
  • Safe Recovery
  • Skins

Kekuranganya :

  • Avant Browser sudah banyak diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, tapi belum ada yang menterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
  • Penggunaan IE plug-in dapat menyebabkan program fatal error.
  • Kecepatan Avant Browser terhitung biasa, dengan fitur keamanan yang kurang memadai karena belum dilengkapi dengan fitur antispyware, antivirus, apalagi antiphising.

SAFARI

Apple, sebuah perusahAaan developer Mac OS yang merupakan pesaing berat dari Microsoft. Sebagai salah satu raksasa internet, Apple juga tidak mau kalah dengan developer yang lain yang berlomba – lomba mengeluarkan browser berteknologi tinggi. Apple juga mengeluarkan browser andalannya yaitu Safari.

Safari 4 merupakan browser keluaran Apple terbaru saat ini yang tersedia juga dalam versi Windows. Seperti halnya Chrome 3 dan Opera 10, Safari 4 juga menitikberatkan teknologinya pada kecepatan load sebuah halaman website. Namun ada satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing – pesaingnya, yaitu tampilan 3 dimensinya.

Safari 4 memberikan tampilan 3 Dimensi di berbagai fiturnya seperti di Top Site, History dan bookmarks. Di bagian Top Site, anda bisa melihat thumbnail website yang sering anda kunjungi. Website yang ada di Top Site juga bisa anda atur secara manual. Di bagian bookmark dan history, anda bisa melihat thumbnail setiap website yang ada di bookmark anda serta tampilan website yang pernah anda kunjungi. Tampilan 3 D untuk history dan bookmark ini termasuk baru dan belum pernah dilakukan oleh browser – browser lainnya.

Kekuranganya :

  • Digunakan ketika surfing di area public, biar dikira pake Apple
  • Jadi takut setelah menurut CHARLIE MILLER, safari = browser paling gampang di hack.

Kelebihanya :

  • Lebih cepat,tampilan browser simple.
  • Tampilan 3d

tampilan 3d top site

tampilan 3d untuk bookmark dan history

FLOCK


Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

Kelebihanya :

  • Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
  • Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial
  • Cek email melalui menu webmail

Kekuranganya :

  • terlalu sesaknya layar monitor 17″ untuk mengakomodir semua keunggulan Flock tersebut
  • Flock membutuhkan resources yang lebih besar

K-MELEON


K-Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bisa datang dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkustomise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.

Browser dengan tampilan kepala kadal hijau ini memiliki sifat dan karakteristik yang hampir sama dengan firefox. Hal ini dikarenakan pengembang awalnya adalah mozzila. Dimana diawal pengembangannya browser ini dimaksudkan untuk nantinya dapat mengambil peran sebagai web browser yang tercepat dan mudah dalam pemakaiannya. Browser yang dikembangkan sejak tahun 2000 ini sudah masuk pada versi K-Meleon 1.1.3 (untuk portable use).Pada versi ini K-Meleon sudah terintegrasi dengan browser – browser lain yang cukup familiar bagi kita.

Kelebihanya :

  • Lebih simple
  • Tanpa bermacam-macam plugin maupun add-ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya

Kekuranganya :

  • Tidak mempunyai addons
  • Secara default K-Meloen sudah memblock iklan-iklan yang ternama, sehingga membuka halam web loading jadi berasa ringan dan cepat banget dan tentunya memakan memori pada komputer kita.
  • Kurang cocok untuk membuka facebook, akan ada peringatan bahwa versi browser yang digunakan versi lama (padahal yang dipake adalah k-meleon terbaru)
  • Agak repot untuk menambahkan plugin/add on jika dibandingkan dengan Firefox, walaupun sudah ada beberapa plugin yang terpasang secara default
  • Untuk menambah/menutup tab perlu beberapa kali klik mouse, walaupun masih bisa juga dengan shortcut keyboard

SEAMONKEY


SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

Kelebihanya :

  • Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus
  • Penterjemahan website2 yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti
  • Dapat memfilter email spam ataupun virus

Kekuranganya :

  • Ada beberapa web yang tidak dapat dibuka

BROWSER LAIN :

Macam-macam browser berbasis:

Browser berbasis Gecko
  • Mozilla
  • Netscape Navigator (versi 6 dan selanjutnya)
  • Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
  • Galeon, browser default GNOME sebelumnya
  • Epiphany, browser default GNOME saat ini
  • Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
  • K-Meleon untuk Windows
  • Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
  • Beonex Communicator
  • Browser Web IBM untuk OS/2
  • Aphrodite
  • Salamander
  • Skipstone
  • BackArrow (berbasis Skipstone)
Browser berbasis Internet Explorer
  • Internet Explorer
  • Chakra Browser
  • Avant Browser
  • Crazy Browser
  • iRider
  • MSN Explorer
  • Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
  • NeoPlanet
  • NetCaptor
  • Windows Explorer
  • Tablane Browser
  • versi-versi browser yang diikutkan pada antarmuka AOL
Browser berbasis GRML
  • Pioneer Report MDI
  • Tree MDI
  • Bar Graph MDI
Browser berbasis KHTML
  • Konqueror
  • Safari
  • ABrowse
  • OmniWeb (4.5 and later)
  • SkyKruzer
  • Shiira
  • Browser lainnya
  • Netscape Navigator (sebelum versi 6)
  • Opera
  • Enigma browser
  • Oregano
  • Amaya
  • iCab
  • NetPositive
  • OmniWeb
  • Dillo
  • IBrowse
  • AWeb
  • Voyager
  • Espial Escape
  • HotJava
  • Arachne
  • Off By One
  • Emacs/W3
  • Grail
  • My Kids
  • Advanced
  • Fast Browser Pro
  • GoSuRF
  • XANA Web Browser
  • FastStone
  • Freeware Browser (namanya memang freeware)
  • 32bit
  • Cygsoft LDAP
  • Ideal
  • The Nubonyx
  • Dimension
Berbasis Handphone
  • Doris Browser (untuk nokia 7650)
Berbasis teks
  • Lynx
  • Links
  • ELinks
  • w3m
  • Netrik
Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
  • WorldWideWeb
  • Mosaic
  • AMosaic
  • Arena
  • Cello
  • CyberDog
  • IBM Web Explorer
  • MidasWWW
  • Viola
  • WebRouser
  • MacWeb

DOWNLOAD TIME!!!

Mungkin itulah beberapa browser yang dapat saya bahas, terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bersedia menyediakan segala informasi. meskipun ada ratusan browser lain yang tersedia untuk kita pakai. terima kasih.

sumber :


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: