MICROSOFT OFFICE 2007

30 10 2009

1

Microsoft Office, sudah dipastikan Anda sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Setelah era DOS berakhir dan mulai digantikan dengan Windows, Microsoft Office mulai dikenal oleh masyarakat menggantikan Wordstar dan Lotus 1-2-3 yang kala itu menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengguna PC.

Microsoft Office 2007 adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Microsoft Office 2003 yang sudah teruji kemampuan dan kehandalannya sebagai aplikasi perkantoran yang tidak ada duanya. Penampilan Office 2007 sungguh diluar dugaan, pada versi terbarunya ini Microsoft merobak total dan tidak sedikitpun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Semua tampilannya hampir tidak mencerminkan Microsoft Office yang penuh dengan menu dan sub menu yang merepotkan.

Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini adalah Office 2000, Offi ce 2002 atau yang lebih dikenal dengan Office XP, dan Office 2003. Dalam kurun waktu tiga tahun sejak Office 2003 diluncurkan, Microsoft mulai melakukan pengembangan terhadap Office Suite tersebut. Waktu pengembangan yang cukup lama, jika melihat sejarah Microsoft yang selalu meluncurkan versi Offi ce yang berbeda dalam tiap satu atau satu setengah tahun, baik Office yang digunakan untuk platform Windows maupun Apple Macintosh.

Pada versi pertama Office, hanya ada tiga aplikasi yang disertakan di dalamnya, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Setelah Sesudah Microsoft mengumumkan akan diluncurkannya Windows Vista, bersamaan dengan itu secara mengejutkan Microsoft juga mengumumkan peluncuran Microsoft Office 2007 yang tadinya dikenal dengan Office 12. Apa saja fitur dan fungsi baru yang dimiliki oleh Microsoft Office 2007 ?

Dan pada Februari 2006 lalu, secara resmi Microsoft mengumumkan Office Suite terbaru mereka, yaitu Microsoft Office 2007 yang tadinya mempunyai nama resmi Microsoft Office 12..

Pemandangan pertama yang terlihat jelas ketika kami mencoba Office Suite ini adalah pengembangan terhadap user interface-nya yang mengalami perubahan yang cukup berbeda jauh. Tidak ada sedikitpun kesan interface dari Office versi terdahulunya, baik Office 2000, XP, maupun 2003 terlihat pada interface yang ada di dalam Office 2007 ini. Semua desain interface yang terdapat pada Office 2007 adalah baru, all new design. Fungsi-fungsi dan fitur-fitur baru yang cukup menarik juga banyak ditambahkan pada Office. Berikut adalah tampilan layout dari microsoft office 2007 :

word

layout MS-Office 2007


excellayout ms-excel 2007


powerpointlayout ms-power point 2007

access

layout ms-acces 2007

outlook

layout ms-outlook 2007

coba anda bandingkan dengan tampilan microsoft word edisi yang sebelumnya. mungkin tampilan microsoft office (MS-OFFICE) 2007 ini lah yang paling menarik. Bagi saya, tampilan dari MS-Office 2007 jauh membuat diri saya lebih bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan ms-office ini.

Selain tampilanya, ada beberapa fitur-fitur terbaru yang dimiliki ole MS-Office 2007. Berikut penjelasanya :

Beberapa Fitur dan Fungsi Terbaru Office 2007

  • User Interface (UI)

Perubahan yang sangat mencolok terlihat pada aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint, karena aplikasi-aplikasi tersebut yang memang paling sering digunakan dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Beberapa Interface yang diubah seperti tombol-tombol menu yang diubah menjadi sedemikian rupa, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih teratur dan menjadi lebih mudah penggunaannya.

  • SmartArt

Satu hal yang sangat menarik bagi kami adalah ditambahkannya tools oleh Microsoft dalam Office 2007 ini. Tools tersebut terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration yang diberi nama SmartArt. SmartArt adalah sebuah tools yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D langsung di dalam pekerjaan Anda tersebut dalam bentuk Word, Excel maupun PowerPoint tanpa harus belajar ilmu desain grafi s yang cukup kompleks.

  • Format File

Pada Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakannya  cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam format PDF tersebut.Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS, PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint.

  • Aplikasi pendukung

Dibanding dengan Office suite versi sebelumnya, office 2007 banyak memiliki aplikasi-aplikasi pendukung tambahan untuk mempercantik tampilan office 2007 milik kalian. Seperti : Color Scheme : Layaknya handphone, scheme (tema) Ms-Office kita bisa diubah warna sesuai dengan keinginan kita. kita juga bisa menambah icon-icon/ menu dari Ms-Office versi sebelumnya(Ribbon).

  • Tambahan Fungsi untuk Conditional Formatting

Microsoft Excel 2007 menawarkan beberapa fungsi baru untuk conditional formatting yang bisa digunakan untuk mengetahui angka-angka yang sudah ditentukan dalam bentuk visual. Contohnya: jika ada angka 10, 20, dan 30; maka angka 10 akan diberi warna merah, angka 20 diberi warna kuning, dan angka 30 diberi angka hijau karena merupakan nilai yang tertinggi.

  • Fungsi Undo yang Lebih Powerful

Pada Microsoft Excel 2007, Microsoft menghadirkan fungsi untuk melakukan Undo jauh lebih bagus dibandingkan versi terdahulunya. Pada Excel versi 2003, fungsi Undo hanya bisa digunakan sebanyak 16 langkah saja, itupun jika worksheet yang Anda ingin Undo sudah terlanjur disimpan maka fungsi Undo tersebut tidak bisa digunakan lagi. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Excel 2007. Pada Excel 2007, fungsi Undo yang bisa Anda gunakan adalah 100 langkah maksimal dan jika Anda sudah terlanjur menyimpan worksheet tersebut, fungsi Undo akan tetap bisa digunakan.

  • Kolom Terbaru pada Main Window Outlook 2007

Microsoft Outlook 2007 menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga bagian tersebut sekarang menjadi empat bagian. Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi dari e-mail yang sedang Anda buka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar, di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut Anda buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Singkatnya, kolom keempat ini digunakan sebagai kolom reminder (pengingat) untuk tugas-tugas dan appointment yang sudah atau belum Anda laksanakan. Sebuah fungsi yang cukup membantu kami rasa.

  • Microsoft Access

Memang harus diakui, aplikasi database Microsoft Access adalah satu-satunya paket dari Microsoft Office yang dipandang sebelah mata oleh para user, tidak terkecuali penulis sendiri. Microsoft Access adalah aplikasi yang jarang digunakan, karena dianggap kalah bersaing jika dibandingkan dengan MySQL, Oracle ataupun aplikasi database open source seperti postgreSQL. Selama 13 tahun lamanya sejak Microsoft Access resmi dipasarkan perubahan-perubahan fitur dan komponen pendukung terlihat tidak cukup memuaskan bagi para user. Begitu juga perubahan yang dilakukan pada saat versi Office XP dan Office 2003 yang cukup mengecewakan.

Demikian sekilas tentang MS-OFFICE 2007 . Semoga anda sebagai pembaca dapat mengerti dan dapat mempertimbangkan pilihan penggunaan office suite yang akan anda gunakan .Sekian. terima kasih.

kutipan :

http://www.scriptintermedia.com

http://www.penuliskita.com

http://www.duniati.com

http://www.biobses.com



Actions

Information

Leave a comment